Total Tayangan Laman

Selasa, 28 Desember 2010

Hamster


    
Apakah Hamster Itu?





Hamster adalah binatang kecil yang termasuk dalam ordo Rodentia. Atrinya, hamster termasuk dalam kelompok binatang pengerat seperti halnya kelinci, marmut, dan tikus. Walau demikian, orang - terutama di Indonesia - sering salah menyebut hamster sebagai tikus atau marmut. Tentu saja ini salah, karena mereka jelas berbeda. Dibandingkan tikus, hamster memiliki bentuk tubuh yang lebih bulat, berbulu (tikus nyaris tidak berbulu), memiliki aneka warna bulu, serta ekor pendek dant tertutup bulu. Dibandingkan marmut, jelas hamster memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil.
Hamster suka sekali meliang
Berikut adalah taksonomi hamster:
Kerajaan:
Animalia
Filum:
Chordata
Kelas:
Mammalia
Ordo:
Rodentia
Sub-Ordo:
Myomorpha
Superfamili:
Muroidea
Famili:
Cricetidae
Subfamili:
Cricetinae
Fischer de Waldheim, 1817

Hamster bukanlah binatang asli Indonesia. Kebanyakan hamster berasal dari daerah sub-tropis sebelah utara, terutama sekitar Rusia, Mongolia, Cina bagian utara, dan Siria. Ada banyak ragam hamster di dunia. Walau demikian, hanya ada 4 jenis hamster yang umum dipelihara di Indonesia, yakni Hamster Siria, Hamster Campbell, Hamster Winter White, dan Hamster Roborovskii. Ada beberapa orang yang menyebut Hamster Cina. Hamster ini tidak populer di Indonesia dikarenakan proses pemeliharaannya yang tidak mudah, serta perkembangbiakannya yang relatif sulit.
Awalnya hamster digunakan sebagai binatang media percobaan di laboratorium. Seiring berjalannya waktu, hamster mulai dikenal sebagai binatang peliharaan. Wajah hamster yang lucu dan menggemaskan membuat banyak orang terpikat. Selain itu, memelihara hamster juga memerlukan usaha yang sangat minimal. Pemilik hamster cukup menyediakan aquarium, serbuk kayu untuk media tidur dan penyerap kotoran, botol minum, serta makanan yang memenuhi syarat untuk memenuhi kebutuhan gizi hamster. Semuanya sangat mudah.
Tidak semua jenis hamster mudah dipelihara. Pengetahuan teknis untuk memelihara hamster mutlak diperlukan. Beberapa jenis hamster, seperti Campbell mengenali lingkungannya dengan mencicipi (menggigit) untuk orang yang belum paham betul dengan perangai Campbell, bisa dipastikan akan sering digigit. Gigitan hamster tidaklah berbahaya, walaupun seringkali mengakibatkan tangan berdarah.


akhirnya posting jenis - jenis hamster dalam hal ini berisi beberapa macam hamster di indonesia yang saya tahu saja dan yang pada umumnya di pelihara orang. sebenarnya hamster pasti banyak macam jenisnya, akan tetapi dalam postingan ini saya tulis yang tahu saja. mudah mudahan bagi yang mau memelihara hamster bisa di jadikan bahan pertimbangan sebelum membeli. oiya, jenis2 ini saya dapat dari berbagai sumber dan yang saya tahu. beberapa macam dan jenis hamster adalah:

  1. Hamster campbell
Hamster campbell menurutku hamster yang murah, karena harga hamster campbell cuma 20 ribu. jenis hamster campbell merupakan yang saya pelihara dulu, menurutku sangat enak dan cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat mudah beranak dan sekali beranak maka akan menghasilkan 2-10 bahkan lebih bayi hamster. spesifikasi hamster campbell :
        -> umur normal 1-2 tahun
        -> panjang kira-kira 10-15 cm umur dewasa
        -> lama kehamilan kurang lebih 20 hari
        -> lincah karena ukurannya kecil
        -> masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3-4 minggu
        -> macam campbell (albino,panda,black bear,argente,opal,blue)
campbell



 Merupakan hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain. Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai "hamster galak" karena tidak jarang menggigit tangan kita. Tapi saya sendiri yakin kalau ini hanyalah akibat dari perlakuan yang salah dari para peternak dipadu dengan sifat 'berani' dari hamster campbell sehingga jika merasa terancam hamster campbell memiliki kecenderungan untuk menggigit. Tapi dengan perlakuan yang lembut dan usaha untuk menanamkan kembali kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi sangat jinak dan teman yang sangat menyenangkan.

Kelebihan Hamster Campbell = Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan Hamster Campbell = Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan. Hamster ini sering diternakkan secara massal sehingga kualitasnya banyak yang menurun, sama seperti hamster Syrian.



   2.  Hamster roborovski
Hamster roborovski merupakan jenis hamster pelari dan sangat lincah, karena bentuknya yang lebih kecil dari pada capbell sehingga kerjaanya ya lari - lari saja. harga hamster roborovski sekitar 45-75 ribu, tergantung dimana posisinya. hehehe. hamster ini sangat cocok jika mau di buat bisnis, karena harga mahal dan bentuk hamster yang banyak dicari orang, lucu banget sampai - sampai aku saja pengen pelihara ini hamster. Spesifikasi hamster roborovski :
        -> umur normal 3-4 tahun
        -> panjang hamster 4-5 cm
        -> lama kehamilan 23-30 hari
        -> jumlah anak rata - rata 6 ekor
        -> masa sapih 30 hari
        -> macam roborovski (normal,white face)
roborovski



   Hamster jenis roborovski adalah jenis hamster terkecil.Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm Jadi walaupun sudah dewasa tubuh mereka tetap kecil. Roborovski memiliki muka yang imut dan lucu.
Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Diantara semua jenis hamster,roborovski adalah hamster paling penakut. Jadi saran saya, jika anda ingin memelihara hamster untuk lucu-lucuan,untuk dimanja,untuk memegang-megang,mengelus-elus sebaiknya anda jangan memilih jenis roborovski. Setiap anda ingin memegang pasti si hamster akan ketakutan dan berlari-lari seperti stress, padahal tidak. Lalu jika anda ingin mengembang biakkan hasmter roborovski boleh saja, tapi jenis roborovski adalah jenis hamster yang paling susah untuk dikembang biakkan. Walaupun hasmter saya sudah dewasa, tapi hamster roborovski saya tak kunjung mempunyai bayi. Setelah lama 5 bulan setelah pembelian akhirnya robo saya melahirkan. Hore!!roborovski saya melahirkan 4 bayi hamster. Memang roborovski tidak bisa melahirkan banyak bayi seperti hamster lain yang bisa melahirkan hingga 8 bayi.Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.

Kelebihan Hamster Roborovski = Salah satu hamster yang paling digemari juga karena ukurannya yang paling kecil dan mukanya yang paling berbeda dibanding hamster lain. Lincah dan suka bermain jadi terlihat lebih aktif.

Kekurangan Hamster Roborovski = Sulit dipegang karena biasanya mereka melompat jika berada di tangan manusia. Terlalu kecil untuk digenggam dengan nyaman. Sifatnya terlalu penakut. Hamster yang paling tidak cocok untuk anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara binatang.



     3.   Hamster syria
Hamster syria ini bentuknya besar banget, kayak tikus got. hehehe kalo yang suka besar - besar ya monggo di pelihara tapi kayaknya hamster jenis ini pemalas dech. kurang lincah, panjang seh bentuknya so jadi males2an. harga hamster syria sekitar 15-30 ribu tergantung jenis dan warnanya. Spesifikasi hamster syria:
        -> umur normal 2-2,5 tahun
        -> panjang 15-20 cm
        -> lama kehamilan sekitar 20 hari
        -> macam syria (short hair,long hair,rex,satin)
syria


     4. Hamster winter white
Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula. harga hamster winter white berfariasi dari 15 - 75 ribu tergantung jenisnya. Spesifikasi hamster winter white :
         -> umur 1-2 tahun
         -> panjang 7-9 cm
         -> lama kehamilan 15-20 hari
         -> macam winter (normal,safir,pearl,golden)
winter


Kelebihan Hamster Winter White :Persentase hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hamster mini yang lain. Hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.

Kekurangan Hamster Winter White: Menurut pendapat saya sendiri hamster ini lebih malas dibanding hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.

    5.  Hamster panda
Untuk hamster panda ini bentuknya sedikit panjang dan kecil bagu juga persis panda. tidak suka menggigit kayaknya karena temanku melihara ini nggak pernah ke gigit. untuk harga hamster panda untuk sepasang sekitar 70 ribu. Spesifikasi hamster panda:
         -> umur 1-3 tahun
         -> panjang 10-15 cm
         -> lama kehamilan sekitar 20 hari
panda



Hamster jenis panda memiliki warna bulu hitam dan putih seperti binatang panda. Hamster jenis ini juga suka menggigit. Saya dulu punya hasmter jenis panda, tapi saya jual karena saya tidak suka dengan hamster yang menggigit. Sebaiknya jangan berikan hamster jenis ini pada anak-anak. Karena terlalu bahaya. Gigitan hamster panda lumayan "SAKIT". Bayangkan kalo anak kecil digigit, pasti nangis. Kasian kan!!
Kelebihan Hamster Panda : Warna bulu bagus, lucu, suka melompat-lompat dan untuk mengembang biakkan lumayan gampang.
Kekurangan Hamster Panda : Suka menggigit, tidak cocok untuk anak-anak dan orang yang suka memanjakan hamster. Nanti kalo lagi dielus-elus terus digigit kan repot.




6. Hamster cina
Nah yag satu ini aku kurang begitu ngerti karena lom pernah lihat, tapi di beberapa situ di tulis ada hamster cina. nah ini spesifikasi yg aku peroleh:
- umur 2 – 4 thn.
- panjang maksimal bisa mencapai 10 cm.
- macam2 hamster cina : (normal,putih,berbintik2). 
cina



Nah sekarang selesai sudah mengenai jenis - jenis hamster di indonesia, Bagi anda yang mau pelihara hamster ya di pilih dan memilih hamster yang cocok untuk misalnya seorang pemula. peliharalah binatang anda sebaik mungkin agar nantinya bisa berkemang biak semakin banyak dan mungkin bisa anda jual.

Jantan atau Betina, ya?
Hamster merupakan hewan yang mudah berkembangbiak. Mereka hamil selama kurang lebih 1 bulan kemudian melahirkan dengan jumlah anak 4-8 ekor. Karena itu, sebelum memutuskan untuk memelihara hamster Anda harus menentukan apakah ingin mengembangbiakan hamster di rumah atau tidak sama sekali. Karena jika Anda membeli sepasang hamster berbeda jenis kelamin maka mereka akan terus kawin disaat yang memungkinkan dan anak hamster akan terus lahir! Perhitungannya seperti ini, hamster betina hamil selama kurang lebih 1 bulan, kemudian menyapih anaknya selama kurang lebih 1 bulan juga. Setelah itu ia sudah siap kawin lagi. Berarti setiap 2-3 bulan akan lahir 4-8 ekor anak hamster baru.




Cara membedakannya gampang-gampang susah. Kedua jenis kelamin memiliki 2 buah lubang, yaitu anus dan kemaluan. Pada hamster jantan, posisi keduanya berjauhan. Sedangkan pada hamster betina, posisi keduanya sangat berdekatan sehingga terlihat seperti hanya satu. Membedakan jenis kelamin akan sulit dilakukan saat usia hamster masih muda, karena kedua lubang tersebut belum terlalu kelihatan. Tetapi pada hamster dewasa hal ini sangat mudah dilakukan. Satu catatan penting, hamster jantan dewasa memiliki testis yang terlihat menonjol di dekat ekor. Sehingga kita dapat dengan mudah menentukan yang mana hamster jantan.
Bagaimana Memelihara Hamster dengan Baik ?
Banyak pemilik hamster pemula menanyakan tentang cara memelihara hamster yang baik, makanan apa yang sesuai, dan lain sebagainya. Artikel ini memuat daftar kebutuhan minimal yang bisa menjamin kelangsungan hidup seekor hamster secara layak. Hm…

Berikut adalah beberapa hal pokok yang harus Anda sediakan untuk memelihara hamster. Ini adalah daftar perlengkapan minimum untuk menjamin kelangsungan hidup seekor hamster secara layak :
1.Kandang
Kandang hamster berukuran minimal 35 x 40 cm untuk seekor hamster. Semakin besar kandang semakin baik. Kandang untuk hamster beraneka ragam, mulai dari akuarium yang tak terpakai sampai kandang-kandang yang khusus dirancang untuk hamster. Jika Anda menggunakan akuarium, usahakan bagian atasnya tertutup untuk mencegah hamster kabur atau tikus rumah masuk dan melahap hamster Anda. Jika Anda menggunakan kandang berjeruji besi, perhatikan jarak antar jeruji apakah bagus dan cukup rapat untuk hamster Anda. Hamster bisa ‘mengecilkan’ tubuhnya, membuatnya pipih dan kemudian menggembungkannya lagi. Elastisitas hamster ini patut Anda pertimbangkan.


2.Serbuk Kayu
Serbuk kayu banyak disediakan di mana-mana. Pilih yang tidak berbau bahan-bahan kimia. Terutama untuk serbuk lokal yang murah, kebanyakan serbuk kayu itu berasal dari serutan kayu bekas kayu perabot rumah tangga dan sudah diberi bahan-bahan kimia.
Disamping serbuk lokal, ada juga serbuk impor yang lebih mahal harganya. Tapi penggunaan serbuk ini tentu saja memuaskan. Serbuk kayu lebih kering, lebih bersih, bebas debu, lebih putih dan bebas bahan kimia berbahaya, hal ini menjamin keselamatan hamster dan juga memperindah bulunya(kelembaban bisa merusak penampilan bulu hamster).
Ketebalan serbuk hamster yang baik adalah sekitar 2-3 cm dari permukaan kandang. Jika Anda tidak menggunakan serbuk Anda mungkin bertanya-tanya apa guna serbuk kayu ini:
1.Sebagai alas tidur.
2.Sebagai media penyerap kencing hamster. Bayangkan jika tidak ada sesuatu yang menyerap kencing hamster! Air kencing yang berbau itu akan menempel di bulu hamster dan merusak bulu indahnya dan membuatnya berbau tak sedap!
3.Sebagai tempat berlindung dari panas dan dingin. Anda tidak mungkin mengawasi dan menjaga hamster Anda setiap menit agar tidak kepanasan atau kedinginan kan? Jadi mereka membutuhkan sesuatu untuk tempat mereka berlindung jika udara menjadi ‘terlalu’ berlebihan buat mereka.
4.Sebagai bahan pembuat sarang. Oh iya hamster membuat sarang, biasanya di pojok-pojok favorit mereka. Sarang mereka berbentuk serbuk yang ditumpuk dengan lubang untuk tidur di tengahnya. Ibu hamster biasa meletakkan anak-anaknya dalam sarang ini!

3.Makanan Hamster
Makanan hamster terbaik sampai saat ini tetap dipegang oleh makanan-makanan hamster impor buatan pabrik. Walaupun begitu Anda juga harus tetap waspada dan lebih cermat lagi dalam memilih mana makanan impor yang baik. Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna, terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan seminggu sekali sebagai snack. Berikan dalam jumlah terbatas (sedikit sekali!)
Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare, dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
Apel
Pir
Pisang
Wortel
Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan kerontokan bulu)
Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah
Kacang kulit
Kacang mete
Kacang almond
Kacang kedelai
Roti tawar
Biskuit Cracker
Oatmeal
Corn Flakes
Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
Selada
Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya (Cai sim, bayam, kai lan, dll)
Ketimun
Makanan yang tidak boleh diberikan sama sekali kepada hamster:
Jeruk dan semua bangsa citrus
Cokelat
Makanan yang telah diberi bumbu
Berikut beberapa kesalahan yang sering dibuat oleh pemilik hamster pemula:
1.Memberi makan sayur, wortel atau jagung segar sebagai menu makanan utama. Percayalah hal ini hanya akan merugikan Anda! Pencernaan hamster tidak didesain untuk mencerna makanan-makanan yang mengandung kelembaban tinggi seperti ini. Jika Anda tidak percaya, coba teliti kondisi kandang hamster Anda, apakah selalu kelihatan basah dan kotor? Apakah berbau menyengat? Apa Anda harus mengganti serbuk kayu setiap hari? Jika jawabannya iya, itu berarti hamster Anda mengalami masalah pada sistem urine / kencingnya. Ini diakibatkan dari pemberian sayur-sayuran segar yang Anda berikan setiap hari! Coba ganti menu makanan hamster Anda dengan yang lebih sesuai yaitu makanan hamster kering yang bisa Anda temui di petshop atau di supermarket. Di Indonesia tersedia beberapa merk seperti : Ultra Blend, XtraVital, Vitakraft, Hamsfood, Hagen, Minimal Goods, Hartz, Nutriblocks, dan masih banyak lagi lainnya. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keuangan dan kebutuhan hamster Anda.

2.Membeli tambahan biji bunga matahari atau kuaci sebagai makanan tambahan. “Hamster saya sangat tergila-gila dengan biji bunga matahari dan kuaci, selain itu mereka tidak mau makan yang lainnya.” Percayalah, ini hanya kebiasaan yang Anda atau pemilik sebelumnya tanamkan untuk hamster Anda! Mungkin Anda tidak tahu kalau tindakan sayang Anda ini justru malah membunuh hamster Anda. Biji bunga matahari dan kuaci adalah salah satu makanan yang mudah disukai oleh hamster tapi pemberian dalam jumlah besar dalam mengakibat beberapa hal diantaranya: obesitas, kurangnya kalsium sehingga pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat, kelainan dalam proses kelahiran (ini disebabkan oleh kandungan lemak yang terlalu tinggi pada biji bunga matahari). Kasus yang paling sering terjadi adalah yang terakhir, kelainan pada proses kelahiran. Kelainan ini berujung pada keguguran bayi-bayi hamster tersebut yang merenggut jiwa induk dan anak-anaknya. Jadi berhati-hatilah dalam memberi makan hamster Anda! Menyayangi nya bukan berarti memanjakannya!

3.Pemberian susu bubuk atau susu cair untuk manusia pada hamster. Beberapa orang melakukan ini dan mereka mengeluh kalau bulu hamster mereka menjadi tipis dan rontok. Memang belum terbukti secara klinis tapi lebih baik mencegah dari pada mengobati. Susu untuk manusia diformulasikan untuk manusia jadi lebih baik jangan diberikan ke hewan. Gunakan susu khusus untuk hamster! Itu jauh lebih baik… Lagipula pemberian susu ini juga tidak menunjukkan manfaat yang mengesankan tapi rutinitas pemberian susu ini malah jauh merepotkan Anda.

4.Memberikan snack terlalu banyak. Snack sebaiknya diberikan hanya seminggu sekali, jika terlalu sering… Anda pasti rugi telah membeli makanan hamster karena tidak dikonsumsi secara maksimal. Sama seperti anak kecil yang diberi pilihan antara sayur dan kue kesukaannya, hamster pasti lebih memilih snack kesukaannya. Tapi sekali lagi kita tidak mungkin memberi makan kue cokelat setiap hari sebagai makanan utama bagi anak kita kan? Begitu pula dengan hamster! Pemberian snack terlalu sering akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi yang sebenarnya telah ditimbang dan dipelajari secara khusus oleh para ahli yang telah meracik makanan hamster. Ini pasti mempunyai efek negatif di kemudian hari terutama ketika hamster melahirkan dan menyusui. Jika Anda merasa ‘tidak tahan’ dan ingin memberikan snack lebih banyak dari seminggu sekali, Anda bisa menimbang-nimbang secara bijak jenis snack yang Anda berikan. Sesuai dengan sistem pencernaan hamster yang kurang bisa menerima makanan dengan tingkat kelembaban tinggi pilihlah snack yang ‘kering’ seperti kacang-kacangan, roti, biskuit, cereal dan lain-lain. Sedang untuk buah-buahan berikanlah seminggu sekali.
Yang pasti hamster itu baiknya diberi makanan kacang-kacangan yang keras dengan begitu bisa membantu mengikis giginya yang selalu tumbuh panjang. Hamster saya di rumah saya beri makanan campuran kacang-kacangan seperti Kacang Hijau, Padi, Kacang Kedelai, Jagung yang untuk pakan ternak, Ketan Hitam. Untuk makanan selingan nya saya kadang saya beri Taoge untuk kesuburan si hamster atau Kuaci, wich ne hamster suka banget makan kuaci tapi jangan di jadikan makanan utama bisa bisa dia obesitas.

4.Botol Minum
Hamster perlu minum air! Banyak mitos yang mengatakan bahwa jika hamster diberi minum air akan mati adalah sebuah kebohongan. Hati-hati terhadap botol air yang bocor! Ini sering terjadi dan tidak diperhatikan oleh pemilik hamster.
Berikutnya adalah hal-hal rutin yang harus Anda kerjakan untuk memelihara hamster dengan baik:
1.Memberi makan hamster sehari 2 kali
2.Mencuci tempat makan setiap kali makanan diganti
3.Mengganti serbuk kayu dan mencuci kandang hamster seminggu sekali
4.Mengisi botol minum setiap kali airnya habis
5.Mencuci botol minum seminggu sekali

Berikut adalah daftar ‘ketidaktahuan’ lain yang sering dilakukan dan mengakibatkan kematian hamster:

1.Hamster dijemur dibawah sinar matahari. Hamster adalah binatang nocturnal. Mereka adalah binatang malam. Di alam liar mereka tidur sepanjang siang hari dalam lubang mereka yang bisa mencapai kedalaman 10 – 20 meter dibawah permukaan tanah dan baru keluar pada malam hari untuk mencari makan. Jadi mereka tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Sedikit saja cukup… Tidak perlu sampai ‘dijemur’.

2.Hamster dimandikan dengan air. Hamster rentan terhadap air dan kelembaban. Hamster berasal dari daerah gurun pasir yang kering. Jika hamster Anda sedang sehat dan dalam kondisi prima mungkin terkena air bukan masalah, tapi jika kondisinya sedang menurun terkena air bisa berarti kematian bagi mereka. Hamster yang basah harus secepatnya dikeringkan atau mereka terserang flu, kemudian berlanjut ke pneumonia dan berakhir pada kematian. Jadi jangan mengambil resiko untuk tindakan yang tidak perlu ini.

3.Memisahkan induk hamster dari bayi-bayinya. Kedengarannya memang bodoh tapi percayalah banyak orang yang tidak sengaja melakukan hal ini karena ketakutan mereka pada gosip yang beredar tentang ‘hamster pemakan anak’. Ibu hamster yang sehat dan cukup akrab dengan manusia tidak akan memakan anaknya tanpa alasan yang jelas! Jadi jangan memisahkan ibu dan bayi-bayinya karena bayi-bayi itu akan meninggal dengan segera karena kedinginan dan tidak mendapatkan air susu.

4.Hamster jatuh dari ketinggian. Jika hamster Anda masih baru, cobalah untuk memegang hamster dalam posisi duduk jadi jika hamster Anda jatuh tidak akan terlalu tinggi. Ini kesalahan yang paling sering dilakukan orang. Hamster yang baru datang biasanya masih merasa asing dengan Anda dan dengan lingkungannya dan cenderung melompat secara tiba-tiba. Jadi Anda harus mengantisipasi hal ini dulu.
Terima kasih jika Anda membaca hal-hal ini terlebih dahulu sebelum mulai memelihara hamster. Semoga bisa mencegah banyak ‘kematian’ hamster yang sebenarnya tidak perlu terjadi…

 

Tips Merawat Hamster Yang Lagi Hamil


Beberapa tips merawat hamster yang lagi hamil, agar induk dan bayinya selamat sampai lahir

1. Bila perut hamstermu udah tampak buncit (betina) diharuskan pejantannya dipisah.

2. Bersihkan kandang yang akan ditempati sibetina kalau perlu dicuci supaya hamsternya merasa nyaman dan tenang, dan usahakan keluarkan mainannya sebab hamster yang lagi hamil tingkat keagresifannya sangat tinggi dan cara ini bisa mengurangi resiko keguguran bagi sibetina. Dan sediakan aksesoris rumah untuk sarangnya, ntar hamsternya bakal melahirkan didalam rumahnya, jangan lupa juga untuk memasukkan sobekan kain-kain kecil warna hitam sebagai alas didalam rumahnya. atau bisa juga menggunakan serbuk kayu..


3. Berikan makanan yang bergizi seperti biji milet, kenari seed, roti, telor rebus (putihnya saja 3hr 1x), wortel (separuh saja selama 1mg), jagung muda(seminggu sekali), singkong rebus, apel (separuh 1mg), dan toge diberikan secara berkala pagi dan sore secukupnya.

4. Stelah hamsternya melahirkan jangan sering dilihat apalagi dipegang-pegang selama dua minggu hingga bayinya sudah tumbuh bulu, kalau ngak ntar anaknya bisa dimakan. Ada beberapa faktor kenapa siIbu menjadi kanibal, biasanya itu dikareakan bau manusia ditubuh siBayi, induknya setress karna suasana disekitarnya terlalu ramai oleh manusia atau binatang pemangsanya jadi pikirkan sedikit setting kandangnya, siinduk kelaperan jadi jangan sampai suplai makanannya habis, sianak lemah biasanya dikarnakan saat induknya hamil kekurangan gizi hal itu juga bisa jadi sebab kekanibalan terhadap hamster. Bila memang terpaksa harus memegang induk dan bayinya disarankan menggunakan sarung tangan supaya siinduknya tidak mencium bau manusia (netral). atau bisa juga menggunakan sendok makan

5. Setelah si bayi berumur 3 minggu sudah boleh dipisahkan dengan ibunya. berikan jeda waktu sekitar 1-2 minggu agar si ibu bisa beristirahat memulihkan staminanya.setelah itu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga boleh dimasukkan kedalam kandangnya. Tapi ingat jangan sekali-kali mencampur bayi yang berumur 3 minggu tersebut dengan kedua induknya sebab sipejantan bisa saja membunuh anak-anaknya dan memakannya. Biasanya setelah sibetina dicampur lagi dengan pejantannya, dia bakal hamil lagi dalam kisaran 2 minggu berikutnya.


Ciri2 Hamster Hamil:

1. keluar sedikit darah dari alat kelamin
2. puting susu terlihat jelas, semua hewan menyusui juga sama.
3. bentuk tubuh seperti buah pir, dan perut gendut ke depan (berbeda dengan hamster gemuk yang gendutnya ke samping)
4. lebih banyak makan dan minum
5. lebih agresif dan galak.
6. suka menggigit, dia suka menggigit pejantan kalau sedang hamil, ya itu dia sedang tidak suka dengan pejantan.
7.kalau ditekan perutnya(jangan terlalu kuat) akan terasa benjolan. Pada umumnya masa hamil hamster itu 20 hari

 

 

Cara merawat Hamster Melahirkan

1. hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah, pindahkan hamster2 lain yang ada di kandang itu termasuk pejantannya.... jadi biarkan si betina sendiri dan anak2nya.....

2. pindahkan semua mainan, rumah2an, tempat makan, jadi saat ini yang cuma ada adalah, kandang + tempat air minum, karena biasanya tempat air minum diatas kandang jadi tak masalah, (pasti pada bertanya2, trus makannya dimanaaaaaaa??? ) jadi untuk saat ini lebih baik makanan ditaruh di dasar aja tanpa alas

adapun alasannya adalah, karena sering sekali anak hamster terseret oleh induknya yang pada akhirnya bisa terjepit di tempat makan, mainan dll

3. pindahkan semua pasir zeolite yang ada, karena pasir zeolite mempunyai permukaan kasar dan keras, jadi banayak juga kasus dimana anak hamster terjepit induknya di bawah pasir zeolite yang akhirnya membuat anak hammie tak bisa bernafas dan mati...


4. kurangi serbuk kayu yang ada... jadi kurangin 3/4 dari yang ada... klo bisa buat di sekeliling induk saja...

5. ambil koran /karton hitam lebih bagus, tutup sekeliling kandang, atasnya juga... tapi dengan bolong2 diatas, karena pada saat ini induk hammie lebih nyaman dan tidak stress dengan keaadan gelap, karena hamster jenis hewan malam..

6. STEP 6 INI KONDISI CORE/INTI, dimana banyak orang yang piara hamster tidak mengetahui dan menyebabkan anak hamster mati dan first birth gagal

a. JGN PERNAH PEGANG ANAK-ANAK HAMSTER DAN INDUKNYA sampai anak2 hamster mulai membuka mata, baru keadaan aman bole dipegang.., memang kelihatan lucu dan ingin tahu, tapi JANGAN!!!!!!!! (karena saat induk mencium bau yang lain dari anak2nya akan bersifat defensive, yang membuat biasanya kenapa anak hammie dimakan, serta jangan pegang induknya karena merasa defensive juga akhirnya dia juga makan anak2nya.

b. KONDISI INDUK SEDANG MENYUSUI, GIZI HARUS LENGKAP, nah ini juga yang sering dilupakan oleh orang-orang, kadang kita pikir hamsfood dan yang lain cukup, NYATANYA TIDAK!!!!, ini juga salah satu faktor kenapa indukan sering memakan anaknya, karena saat seperti ini si anak itu berfungsi sebagai parasit, sehingga kalau kekurangan gizi maka induk akan memakan anaknya lagi, secara anak hamster mempunyai protein yang tinggi, (terbukti kalau Snake lover's mereka lebih suka pinkies/bayi tikus untuk makanan ular mereka, karena kandungan gizi yang tinggi)

jadi berikan gizi yang cukup seperti :
- susu strawberry jelly
- putih telur yang direbus dan dihancur2kan
- tablet corella dan spirulina juga bagus...
- Ulat sutra (optional : kalo hamster pernah dan rutin dikasi ini, bole dikasih saat melahirkan, tapi kalau tidak pernah dan mau dikasih, lebih baik jangan, karena belom terbiasa, takutnya induk menganggap ini sebagai ancaman)

c. berikan daun katuk segar pada hamster sekitar 3 batang per hari, terserah pembagiannya, terbukti air susu hamster akan melimpah dan mau tidak mau harus dikeluarkan dan ini merupakan berita bagus untuk kita semua.. karena air susu banyak = anak hammie cepat besar...


7. JGN suka bulak balik melihat, kalau memang mau lihat, lihatlah dari jauh, intinya pantau keadaan tapi keep invisible, hahahaha

8. ada beberapa indukan yang tidak mau menyusui anaknya, tapi kasus ini jarang terjadi kalau step 1 sampe 6 dituruti dan terpenuhi.. (saya pun pernah mengalami kasus seperti ini, yang akhirnya menyusui sendiri) tapi pengerjaan yang repot sekali...

9. rutin lah memberi makan dan mengganti air setiap hari, tapi kandang JANGAN PERNAH DIBERSIHKAN TERLEBIH DAHULU!!!!!!!!!!, memang kelihatan kotor dan hancur2an, tapi ya sudah lah, karena kehidupan hammie lebih penting daripada pandangan visual kita

10. setelah itu semua dilakukan, YEyyyy ada hammie hammie baru.... CONGRATZ........

Penyakit-Penyakit Hamster dan Cara Mengobatinya


Hamster Colds

Flu pada hamster dapat disebabkan oleh suhu kering, oleh karena itu penempatan lokasi kandang sangat mempengaruhi. Gejalanya hamster menderita flu: bersin, hidung basah, nafas berat, dan selalu duduk dengan posisi membungkuk.
Sangat dianjurkan untuk tidak memandikan hamster karena merupakan salah satu sumber flu yang utama. Jangan pernah bermain-main dengan hamster ketika anda sedang flu karena bisa menular ke hamster kesayangan. hamster yang mengidap flu sebaiknya diletakkan pada ruang yang hangat dan tidak kering. Makanan yang lembut (telah dihaluskan) baik untuk hamster yang flu, air minum yang telah diberi sedikit madu juga baik untuknya.


Hamster Wet Tail

Hamster Wet Tail merupakan infeksi bakteri dan dapat menyebabkan diare akut. stress dan ketidakseimbangan porsi makanan menjadi penyebab utama Hamster Wet Tail. salah satu contoh stress adalah pengaruh ketika hamster dibawa dari toko hewan menuju rumah (perjalanan panjang). gejala Hamster Wet Tail area anus hamster menjadi lengket dan basah. hamster yang sakit akan bergerak sedikit sekali dan sama sekali tidak mau makan.

cairan isotonik dapat diberikan secara oral kepada hamster dan dokter hewan dapat meresepkan antibiotik untuk hamster. Metronidazole POM biasa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan dengan takaran sesuai anjuran dokter hewan. Suapi hamster anda segera dengan makanan yang telah dihaluskan. triknya mungkin bisa dengan menambahkan madu untuk menambah nafsu makannya. kandang hamster yang sakit sebaiknya segera dibersihkan dengan disinfektan / secara menyeluruh.


Hamster Bladder Stones

Gejala hamster yang mengalami Hamster Bladder Stones adalah adanya setitik kecil darah pada urine-nya. hamster akan merasakan sakit yang luar biasa pada saat kencing dan hamster terlihat lemas. memberi makan daun dandelion dapat membantu produksi urin dan memaksa batu ginjal keluar dengan sendirinya. cara lain adalah dengan menambahkan sedikit garam pada minuman atau makanan.


Hamster Diarrhoea

Hamster Diarrhoea merupakan hasil dari pemberian makanan yang tidak benar dan terkadang kombinasi yang salah pada makanan basah dan kering. makanan yang busuk atau minuman yang kotor juga pemberian makan sayur-sayuran yang berlebihan juga menjadi penyebab. gejala Hamster Diarrhoea terlihat dari kotorannya (feces) yang berwarna hijau, encer, dan dalam jumlah yang banyak.
jika hamster anda menderita diare, segera singkirkan semua makanan basah yang ada dan beri makan roti kering dan nasi matang. pemberian minuman teh chamomile juga disarankan. kemudian bersihkan kandang dari kotoran hamster 2 kali sehari. setelah hamster lebih baik, segera disinfek kandang hamsternya.


Hamster Constipation

Hamster constipation mengindikasikan adanya penyumbatan pada saluran pencernaan (sembelit). Ini merupakan akibat dari perilaku hamster yang mengunyah bedding yang kotor atau hamster kurang minum (dehidrasi). Hamster akan menunjukkan tanda-tanda sakit perut dan berhenti makan. Coba tambahkan buah dan sayur seperti kubis atau daun dandelion dalam porsi makanan hamster atau beri satu tetes minyak sayur setiap hari. Ulangi 2 hari sekali. Pastikan hamster mendapat air minum yang bersih.


Hamster's Rectal Prolapse / Hamster's Prolapsed Rectum

Untuk yang ini sudah pasti kawan-kawan tahu, ini disebut juga dengan Hernia pada manusia. Gejala turunnya posisi pencernaan hingga terlihat keluar / menjuntai pada anus hamster. Jika terjadi hal ini, sebaiknya hamster dibawa ke dokter hewan untuk dioperasi.


Hamster Diabetes

Diabetes biasa terjadi pada hamster jenis Campble dan sifatnya menurun. Gejalanya: hamster minum secara berlebihan, rontoknya bulu pada area perut dan tangan, pipis berlebihan, waktu tidur yang lebih lama, hamster melakukan olahraga secara berlebihan, hamster kekurangan / kelebihan berat badan secara drastis dan badan hamster gemetar.
Beri diet yang sesuai dengan menyediakan sayur segar seperti wortel, lobak turnip, brokoli, kembang kol dan sedikit telur rebus. Makanan pak yang mengandung fruktosa sebaiknya dihindari.


Hamster Strokes

Ketika hamster terserang penyakit stroke, kepala hamster biasanya akan miring ke satu arah dan hamster berlarian berputar-putar. Stroke biasanya menyerang pada malam hari. Hamster yang terserang stroke mempunyai tingkat harapan hidup yang rendah, walaupun mereka mampu bertahan hidup, mereka akan mengalami ”head tilt” / miring kepala secara permanen.

Namun ”head tilt” ini biasanya terjadi karena adanya infeksi di bagian dalam telinga atau bisa juga terjadi karena infeksi saluran pernapasan. Hamster akan mencoba memiringkan kepalanya ketika berusaha untuk berjalan. Infeksi bakteri ini dapat disembuhkan dengan resep obat dari dokter hewan. Hal lain yang memungkinkan terjadi adalah adanya tumor otak pada hamster. Gejalanya stroke lainnya adalah biasanya hamster akan bersikap normal namun kemudian hamster seperti ”kesurupan” / terhipnotis dengan bersikap diam saja tidak bergeming ketika dikagetkan. Stroke dapat disembuhkan dengan porsi makanan dan minuman yang berimbang dan harus selalu dipantau selama 2 minggu berturut.


Hamster Skin Mites

Skin Mites ini termasuk parasit yang berbahaya bagi hamster. Kutu ini berupa laba-laba kecil yang bersarang di kulit hamster sehingga seakan tidak terlihat sama sekali. Jika kutu kulit ini menyerang salah satu hamster, maka dengan cepat akan menular pada hamster lainnya dalam kandang yang sama. Kutu kulit ini juga dapat tertular dari binatang lainnya seperti anjing atau kucing. Gejala bulu rontok pada hamster biasanya terjadi karena aksi menggaruk yang berlebihan.

Hamster bisa mengatasi kutu ini dibantu dengan spray anti kutu untuk hamster. Segera disinfek kandang hamster dan semprot dengan anti kutu. Jangan menyemprot secara langsung pada hamster, lakukan dengan menggunakan sikat gigi yang kemudian disapukan ke bulu hamster kemudian gunakan tisu kering untuk mengelap bulu hamster. Ikuti petunjuk pada spray anti-kutu.


Hamster Ear Mites / Hamster Ear Mange

Hamster Ear Mites / Hamster Ear Mange dikenal juga sebagai Notoedres. Kutu ini hidup/berkembangbiak disekitar telinga hamster dan bisa menjangkit wilayah muka dan kaki hamster. Hamster Ear Mites ini berkembangbiak dengan cepat pada area yang terinfeksi dan hamster pun mulai merasa terganggu dengan kehadiran kutu ini dan akan menggaruk secara membabi buta. Kulit hamster menjadi rusak, hitam dan menjadi fatal jika terus dibiarkan karena hamster bisa mati mendadak karena aksi menggaruk yang brutal hingga tak sadar mencabik diri sendiri.

Pengobatan dilakukan oleh Vet dengan menyuntik cairan Ivermectin atau memberikan Ivermectin secara oral. Krim / salep juga perlu dioleskan untuk mengurangi rasa gatal dan bakteri yang ada. Kandang hamster perlu dibersihkan lebih sering (3-5 kali seminggu) untuk mencegah supaya Hamster Ear Mites tidak menjangkit hamster lagi.

Untuk Hamster Ear Mange (kudis) aplikasi (dioleskan) secara berhati2 dengan menggunakan olive oil. Minyak lavender, rosemary, tea tree dan bawang putih juga bisa digunakan.


Hamster Cancers / Tumours

Terkadang pada tubuh hamster timbul benjolan-benjolan yang tidak biasa yang semakin besar dari waktu ke waktu. penanganan dini oleh Vet dapat membantu pencegahan penyebaran sel tumor/kanker. Resiko tumor/kanker muncul ketika hamster beranjak tua.

Beberapa tumor/kanker bisa diobati, walaupun tumor/kanker telah dioperasi masih bisa tumbuh lagi. Operasi yang dilakukan Vet juga terkadang beresiko karena kecilnya ukuran tumor/kanker juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat membahayakan hamster. Sayangnya, tumor/kanker juga bisa ditimbulkan karena perkimpoian satu garis keturunan (incest) misalnya: antar anakan, induk dengan anak.

Hamster yang menderita tumor/kanker dapat hidup biasa layaknya hamster normal, yang perlu diperhatikan adalah untuk menyingkirkan segala benda tajam dalam kandang hamster yang dapat mengoyak tumor/kanker. Jika tumor/kanker terkoyak, oleskan minyak lavender/minyak sayur. pengobatan ini perlu dilakukan untuk mencegah supaya hamster tidak menjilat cairan tumor/kanker dan mencegah supaya tidak terjadi pendarahan.


Hamster's Cysts

Hamster's Cysts adalah rongga yang berisi cairan. Terkadang juga berisi udara / materi semi-padat. pada foto diatas, terlihat hamster dengan cysts didaerah mulut. Hamster's Cysts dapat membesar dan membuat hamster kesulitan makan.

Hamster's Cysts dapat diobati oleh Vet dengan menguras isi rongga, walaupun ada kemungkinan Hamster's Cysts dapat muncul kembali. Jika Hamster's Cysts terkoyak, obati dengan cara yang sama seperti pengobatan pada tumor/kanker yang terkoyak, yaitu dengan mengoleskan minyak lavender/minyak sayur.



Penyakit Mata - Glaukoma, Katarak dan sejenisnya...

Beberapa hamster akan develop katarak di masa tuanya.
Sering kali kondisi ini ditandai lingkaran kebiruan di tengah matanya.
Juga perlu diingat bahwa penglihatan hamster sangat buruk,
mereka hanya dapat melihat jarak dekat, jadi sepanjang pengetahuan gw,
hamster tidak begitu masalah dengan katarak ini, karena hamster gw
masih hidup sampai sekarang.

Hamster bermata merah juga terkenal mudah terjangkit katarak,
beberapa hamster pada masa tuanya akan develop katarak.
(yang difoto memang bermata merah karena itu adalah WW Blue Argente tapi kataraknya cuma sebelah mata,
sedangkan yang Campbell adalah platinum normal bermata hitam dan dua matanya kena katarak)

Cara pengobatan :

coba berikan visine(obat mata) pelan-pelan dengan memakai cottonbud,
tapi yang saya tahu, katarak pada hamster terlalu berbahaya kalau kita sendiri yang mengobatinya,
lekas bawa hamster anda ke dokter hewan terdekat.

kalau sudah sembuh, saya sarankan hamster anda untuk mengkonsumsi wortel.
Pemberian wortel juga baik untuk mejaga kesehatan mata, terutama pada hamster albino/bermata merah.
Jika pada kandang hamster terdapat botol minum dicek apakah botol tersebut bocor atau tidak,
karena kemungkinan mata hamster anda berjamur karena botol yang bocor,
pemberian wortel juga cukup 1 iris per ekor.

Ada lagi satu masalah di mata yaitu mata yang tidak bisa terbuka dengan baik.
Ada satu campbell ce mottled argente gw yang mengalaminya, sakit ini (kalau mau dibilang sakit) dia
alami ketika lahiran pertama. begitu melahirkan 2 anak, kedua matanya tidak bisa dibuka lagi dua2nya.
sudah gw coba membersihkan dengan air bersih hangat, saya pikir hanya kena serbuk atau kotoran...
memang sempat terbuka setengah tetapi tidak lama karena sepertinya dia lebih "comfort" dengan
memejamkan mata. Sampai sekarang juga masih hidup dan sudah melahirkan 2 kali sejak "sakit" ini...

Hal yang perlu & boleh dilakukan

  • Cucilah tangan sampai bersih sebelum dan sesudah memegang hamster. Jika tangan anda berbau "lain" (tidak bersih), hamster akan "mencoba" tangan anda dengan menggigit.
  • Ajaklah Hamster berinteraksi langsung sesering mungkin, misal menggendong ditelapak tangan,mengelus, memberi makan dengan tangan, membiarkan dia berlarian disekitar kamu. Jadikan dia sahabat ^^
  • Memberi snack secukupnya, berupa kecambah segar atau snack khusus hamster 1-2x seminggu.
  • Mengganti posisi mainan agar dia tidak bosan.

Hal yang JANGAN dilakukan

  • Hindarkan hamster dari terik matahari langsung, bisa menyebabkan Heat Stroke. Lumpuh total yang disertai kematian.
  • Hindarkan dari angin kencang dan air.
  • Minimalkan jatuhnya hamster darimanapun asal jatuhnya.
  • Jangan memberi sayuran & buah segar sembarangan dan berlebihan, karena pencernaan hamster didesain hanya untuk biji-bijian kering saja. Berikan HANYA kecambah, bengkoang yang masih segar 1-2x seminggu, untuk menghindari hal-hal mengerikan seperti diare akut, bahkan kematian.
  • Jangan memberi terlalu banyak kuaci (Biji bunga matahari), menyebabkan hamster obesitas dan penyakit lainnya, sperti jantung dan kemandulan. Meskipun makanan ini paling disukai si hamster, namun memberikan pengaruh buruk.
  • Jangan membiarkan ada makanan membusuk di dalam kandang.
  • Jangan biarkan serbuk kayu basah / banjir, segera ganti sebuk kayu.
  • Jangan pernah mengawinkan hamster dengan varian yang berbeda. Agar gen hamster tidak merusak keturunan selanjutnya.

Vitamin & Suplemen

  • Ada kalanya hamster terlihat loyo atau kurang nafsu makan, tindakan prefentif pertama adalah dengan mencampur kan madu murni ke dalam botol minum  secukupnya.
  • Beri vitamin berupa gel yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh serta nafsu makan. Juga membantu pemulihan bagi hamster yang sedang sakit.

Reproduksi Hamster

  • Hamster akan melakukan pembuahan pada umur yang berbeda tergantung pada variannya. Hamster jantan akan selalu melakukan pembuahan setiap saat, namun hamster betina memasuki masa subur setiap 3 hari sekali. Jika kamu menemukan si betina marah kepada si jantan, ini menandakan dia belum memasuki masa subur & menolak dikawini >.<
  • Usia puber syrian 3-6 minggu , lama kehamilan 15-18 hari. Jenis Campbell masuk usia puber 1-1,5 bulan, masa hamil 18-23 hari. Jenis White winter & hybrid masuk usia puber diumur 2-2,5 bulan, masa hamil 18-31 hari. Sedangkan Roborovskii puber saat umur 4-6 bulan, dengan masa kehamilan 22-30 hari
  • Ciri-ciri hamster yang hamil adalah perut yang membuncit, badan hamster berbentuk seperti buah pear, besar dibagian pinggang kebawah, puting susu mulai terlihat.
  • Tingkah lakunya (beberapa) agresif, apabila mendekati masa melahirkan.
  • Makan & minum lebih banyak dari biasanya.
  • Lebih banyak bermalas-malasan.
  • Isolasi ibu hamster yang terlihat sudah hamil besar di kandang sendiri. Alasi dengan sedikit serbuk kayu. Pindahkan semua barang selain botol minum (seperti wheel & tempat makan atau mainan lain) Hal ini bertujuan agar si ibu bisa fokus menyusui bayi-bayinya, juga mencegah si bayi terjepit barang-barang tersebut. Taruh kandang ditempat yang jarang dilewati manusia & tenang.
  • Beri tambahan makanan misalnya daun katuk, kecambah, potongan tahu, rebusan putih telur, jelly susu strawberry khusus hamster, jika perlu campurkan 3 tetes madu murni tanpa rasa tambahan kedalam minumannya.
  • Jangan bersihkan kandang hamster yang melahirkan selama minimal 2 minggu. Meskipun baunya menyengat parah.
  • Jangan sekalipun memegang bayi hamster sebelum dipisah.  Hal ini bisa menyebabkan bau tangan kita menempel di badan si bayi dan menimbulkan adanya kemungkinan si bayi akan di makan si induk.
  • Anak hamster baru boleh dipisah setelah umur 3 minggu atau lebih, setelah mereka mampu makan biji-bijian sendiri. Untuk hamster roborovskii, bayi bisa dipisah setelah umur 1 bulan.

Penyatuan Hamster

Cara ini dilakukan bertujuan untuk menyamakan bau, agar hamster tidak bertengkar. Biasanya dilakukan pada saat kita membeli hamster baru yang akan disatukan dengan hamster kita dirumah, maupun pada saat mengembalikan si betina yang selesai masa menyusui dengan si jantan. Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba lakukan:
  • Bersihkan kandang, ganti serbuk dan pasir.
  • Kelompokkan hamster dengan bau yang sama di satu wadah.
  • Ambil hamster satu per satu dengan lembut (untuk jenis campbell yang menggigit, kamu bisa memakai sarung tangan ^^v )
  • Lap daerah pusar/perut, alat kelamin hingga ke buntut beberapa kali dengan tissue basah (tissue basah untuk bayi), atau bisa juga ditaburi bedak bayi pada bagian tadi. Lalu letakkan hamster itu ke kandang yang sudah bersih.
  • Lakukan hal yang sama pada hamster lain, masukkan satu per satu.
Jika masih ada yang bertengkar, ulangi lagi tahapan diatas.
Cara ke 2 adalah dengan cara meletakkan hamster yang ingin di satukan dalam 1 kandang yang disekat dengan pembatas jeruji. setelah 3-4 hari angkat pembatas.

Harga pasaran hamster :
winter white normal - 15 ribu
winter white golden - 75 ribu
winter white pearl - 35 ribu
winter white blue argente - 75 ribu
winter white violet - 40 ribu
winter white saphire - 30 ribu

roborovski white face - 70 ribu
roborovski normal - 65 ribu

campbell albino,argente, dan black - 20 ribu
campbell panda - 45 ribu
campbell blue - 50 ribu
campbell dove - 30 ribu
campbell opal - 50 ribu
campbell platinum - 25 ribu

syrian - 20 ribu